Kamis, 10 Juni 2010

OBAT-OBAT HERBAL

Pentingnya labu siam buat ibu hamil

Meskipun bentuknya tidak eksotis, labu siam banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. Sayuran yang murah harganya ini merupakan makanan sehat buat jantung, mampu menangkal kanker, dan sangat baik bagi wanita hamil.
Labu siam pertama kali ditemukan oleh Patrick Browne di Jamaika pada tahun 1756. Jenis tanaman ini banyak ditanam di kawasan Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Di Meksiko, tanaman labu siam tidak hanya dimanfaatkan buahnya sebagai sayuran, umbinya juga sebagai bahan pangan sumber karbohidrat.
Labu siam bukanlah sayuran asing bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Labu siam dikenal dengan beberapa sebutan, seperti labu jipang (Jawa Tengah), manisah (Jawa Timur), serta waluh siam (Jawa Barat). Di dunia internasional, sayuran ini disebut chayote.
Dalam kehidupan sehari-hari, labu siam dikenal sebagai sayuran buah yang menyehatkan. Buahnya bisa dimasak sebagai lalapan, sayur lodeh, oseng-oseng, atau sayur asam. Pucuk batang dan daun mudanya biasa dibuat lalap atau sayuran lainnya. Labu siam (Sechium edule Sw) merupakan tanaman yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae. Tanaman ini termasuk tanaman merambat yang dapat tumbuh pada tanah dataran tinggi maupun dataran rendah, tanpa banyak memerlukan perawatan khusus.
Berdasarkan penampilan buahnya, labu siam terbagi menjadi dua varietas, yaitu varietas labu siam dan varietas labu anggur. Varietas labu siam memiliki ukuran buah besar, dapat dipanen pada stadium cukup tua untuk bahan sayuran, atau stadium amat muda (baby) sebagai bahan lalapan. Varietas labu anggur memiliki ukuran buah kecil, umumnya dipanen pada stadium amat muda (baby) untuk dijadikan bahan lalapan.

Kaya Serat
Komposisi gizi labu siam dapat dilihat pada tabel. Buah labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik, yaitu 1,7 g per 100 g. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna.

Serat pangan mampu mengurangi waktu tinggal (transit time) makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk feses. Selama tinggal di saluran pencernaan, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker). Berkat singkatnya transit time sisa makanan di saluran pencernaan, waktu zat karsinogenik bermukim dalam tubuh juga makin pendek, sehingga peluang terjadinya kanker menjadi sangat kecil.

Kandungan asam folat pada buah labu siam juga cukup baik, yaitu 93 mkg per 100 g. Konsumsi 100 gram labu siam cukup untuk memenuhi 23,25 persen kebutuhan tubuh akan asam folat.

Asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yang rendah pada ibu hamil berhubungan erat dengan berat bayi lahir rendah dan kejadian neural tube defects (gangguan otak).
Defisiensi asam folat ditandai oleh gejala anemia, yaitu jumlah sel butir darah merah berkurang. Kebutuhan asam folat pada orang dewasa adalah 400 mkg per hari. Kebutuhan ini menjadi dua kali lipat pada ibu yang sedang hamil, dan bertambah 50 persen pada ibu yang sedang menyusui.

Turunkan Kolesterol
Buah labu siam juga kaya akan Kalium. Kalium berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga tubuh menjadi lebih segar.

Selain itu, buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yang cukup tinggi. Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun.

Niasin berperan pada reaksi enzimatik di dalam tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, yaitu sebagai koenzim I dan koenzim II. Niasin sangat diperlukan agar suplai energi dalam jaringan tubuh berjalan normal. Kekurangan niasin yang parah setelah beberapa bulan akan mengakibatkan pellagra serta dermatitis, yaitu gangguan kulit yang khas dan simetris, terutama di bagian badan yang tidak tertutup seperti tangan, lengan, siku, kaki, kulit, dan leher.

Labu siam juga kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 mempunyai peran penting dalam metabolisme protein. Vitamin B6 sangat esensial untuk proses transaminasi dan deaminasi serta dekarboksilasi asam amino. Kebutuhan per hari mencapai 0,02 mg untuk dewasa; 0,015 mg untuk bayi; 0,2-1,2 untuk anak-anak, dan 1,4-2 mg untuk remaja.

Kandungan selenium pada labu siam juga cukup baik. Selenium berperan penting untuk memperbaiki mood. Sebuah penelitian di Amerika Serikat (1996) membuktikan bahwa orang yang kadar selenium tubuhnya paling rendah menunjukkan mood yang paling buruk. Konsumsi selenium disarankan sekitar 55-70 mikrogram perhari. (http://adf.ly/2Kc8 )







Fungsi jambu biji untuk diare

Obat herbal yang akan dibahas kali ini adalah daun jambu biji (psidii Folium) sebagai obat diare, yang telah dikenal luas dimasyarakat. Tapi tidak ada salahnya kita membahas kembali.
Saya rasa anda pasti tahu daun jambu biji, kalau belum tahu saya akan mendeskripsikan sedikit mengenai daun jambu biji. Daun tunggal, bertangkai pendek, helai daun berbentuk bundar telur agak menjorong atau bulat memanjang, pinggir daun rata agak menggulung ke atas, permukaan atas agak licin, waran hijau agak kelabu dan bertulang menyirip.

Efek farmakologi
Hasil penelitian menunjukkan, ekstrak air daun jambu biji memiliki efek antidiare melalui 3 aktivitas yaitu antiamuba, antibakteri dan antispasmodik. Ekstrak etanol daun jambu biji juga menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap enterobakteria. Ekstrak air, ekstrak heksan dan ekstrak metanol daun jambu biji semuanya menunjukkan aktivitas spasmolitik invitro.Ekstrak etanol daun jambu biji menghambat kontraksi spontan ileum dan menghambat sekresi asetilkolin lambung. Kandungan kuersetin, dan glikosida kuersetin dalam daun jambu biji terbukti menghambat kontraksi ileum melalui efek antagonistik kalsium.

Cara penggunaan
Ambil daun 2,5-4,5 g (daun kering) atau 15-30 (daun segar), lalu direbus dan diminum.Sebenarnya masih banyak obat herbal yang digunakan untuk mengobati diare seperti daun salam dan sambiloto yang insyaallah akan kita bahas nanti.

Kangkung Si Pengusir Racun ...
Kangkung termasuk sayur yang sangat populer. Biasa dibuat tumis, cah, atau lalap. Kangkung ternyata juga berkhasiat sebagai antiracun dan bias mengobati berbagai gangguan kesehatan. Tanaman kangkung berasal dari India,yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, Cina Selatan,Australia, dan Afrika. Di Cina, sayuran ini dikenal sebagai weng cai. Di negara Eropa, kangkung biasa disebut swamp cabbage, water convovulus, atau water spinach.Bertha (36), ibu beranak dua, tinggal di Temanggung, Jawa Tengah, punya cerita. Suatu hari, saat sedang menyantap makanan, tiba-tiba ia merasa pusing, mual, mata berkunang-kunang. Keringat dinginpun bercucuran di sekujur tubuhnya. Ia langsung dilarikan ke puskesmas terdekat. Dokter puskesmas mendiagnosis, ia mengalami keracunan makanan.
Untunglah Bertha teringat peristiwa keracunan yang dialami suaminya setahun lalu. Obat-obatan yang diberikan dokter urung diasupnya. Ia malah mengambil 500 gram akar, batang, dan daun kangkung. Kangkung yang telah dicuci bersih itu diblender dengan segelas air, lalu diminum. Setelah mengonsumsi 2 gelas jus kangkung, Bertha merasakan tubuhnya pulih kembali. Ia mengaku, resep ini secara tak sengaja ia dapatkan disebuah toko buku di Yogyakarta. Secara khusus Dr. Setiawan Dalimartha, Ketua II Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Tradisional Timur (PDPKT), mengutarakan bahwa langkah yang dilakukan Bertha cukup tepat. Kangkung memang berfungsi sebagai penenang (sedatif) dan mampu membawa zat berkhasiat ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman ini mempunyai kemampuan menetralkan racun di tubuh.

Kangkung banyak ditanam di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat. DiKecamatan Muting Kabupaten Merauke, Papua, kangkung merupakan lumbung hidup sehari-hari. Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar, kangkung darat banyak ditanam penduduk untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual ke pasar.

Tumbuh Cepat

Kangkung termasuk suku Convolvulaceae atau keluarga kangkung-kangkungan. Merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan memberikan hasil dalam waktu 4-6 minggu sejak dari benih. Terna semusim dengan panjang 30-50 cm ini merambat pada lumpur dan tempat-tempat yang basah seperti tepi kali, rawa-rawa, atau terapung di atas air. Biasa ditemukan di dataran rendah hingga 1.000 m di atas permukaan laut.
Tanaman bernama Latin Ipomoea reptans ini terdiri dan dua varietas, yakni kangkung darat yang disebut kangkung cina dan kangkung air yang tumbuh secara alami di sawah, rawa, atau parit. Perbedaan antara kangkung darat dan kangkung air terletak pada warna bunga. Kangkung air berbunga putih kemerah-merahan, sedangkan kangkung darat bunga putih bersih.
Perbedaan lainnya pada bentuk daun dan batang. Kangkung air berbatang dan berdaun lebih besar daripada kangkung darat. Warna batangnya juga bebeda. Kangkung air berbatang hijau, sedangkan kangkung darat putih kehijau-hijauan. Lainnya, kebiasaan berbiji. Kangkung darat lebih banyak bijinya daripada kangkung air itu sebabnya kangkung darat diperbanyak lewat
biji, sedangkan kangkung air dengan stek pucuk batang.

Mengandung Vitamin

Bagian tanaman kangkung yang paling penting adalah batang muda dan pucuknya sebagai bahan sayur-mayur. Menurut Dr. Setiawan, kangkung mempunyai rasa manis, tawar, sejuk. Sifat tanaman ini masuk ke dalam meridian usus dan lambung. Efek farmakologis tanaman ini sebagai antiracun (antitoksik),
antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan
(hemostatik), sedatif (obat tidur). Kangkung juga bersifat menyejukkan dan
menenangkan.

Tanaman bernama daerah kangkueng (Sumatera), pang pung (Nusa Tenggara),
kangko (Sulawesi), utangko (Maluku) ini enak rasanya dan memiliki kandungan
gizi cukup tinggi. Selain vitamin A, B1, dan C, juga mengandung protein,
kalsium, fosfor, besi, karoten, hentriakontan, sitosterol.

Herminia de Guzman Ladion, pakar kesehatan dari Filipina, memasukkan
kangkung dalam kelompok ââ'¬Å"tanaman penyembuh ajaibââ'¬â"¢. Dinegara
itu, tanaman ini dipakai untuk menyembuhkan sembelit dan obat bagi mereka
yang sedang melakukan diet. Akar kangkung juga berguna untuk mengobati
penyakit wasir.

Manfaat Lain Kangkung

1. Mengurangi haid
Bahan: 1/2kg daun kangkung segar.
Pemakaian: Daun kangkung dicuci, tumbuk halus. Lalu, tuangkan air 1/2 gelas,

berikutnya saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehari
sekaligus.

2. Mimisan
Bahan: Seikat daun kangkung segar.
Pemakaian: Daun kangkung dicuci, tumbuk halus. Tambahkan sedikit gula, seduh

dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kali sehari.

3. Sakit kepala
Bahan: Seikat daun kangkung segar.
Pemakaian: Daun segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Minum air
hasil rebusan.

4. Ambeien
Bahan: Segenggam akar kangkung.
Pemakaian: Akar kangkung dicuci, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa
setengahnya. Setelah dingin, minum 2 x 1/2 gelas.

5. Insomnia
Bahan: Daun kangkung.
Pemakaian: Sering-sering makan tumis kangkung tanpa batang.

6. Sakit gigi
Bahan: Segenggam akar kangkung, 1/2 sendok teh cuka
Pemakaian: Rebus akar kangkung dengan 1 gelas air.
Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari

7. Melancarkan air seni
Bahan: Segenggam akar kangkung.
Pemakaian: Akar kangkung direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.

8. Ketombe
Bahan: Seikat daun kangkung
Pemakaian: Rendam daun kangkung semalaman hingga airnya berwarna kebiruan.
Lalu, keramas dengan air rendaman. Lakukan setiap hari.

9. Sembelit, mual bagi ibu hamil
Bahan: Seikat daun kangkung.
Pemakaian: Makan tumisan sayur kangkung.

10. Gusi bengkak
Bahan: 200 gr akar kangkung.
Pemakaian: Akar kangkung dicuci bersih, lalu direbus dengan 200 cc air dan
200 cc cuka. Setelah hangat, air rebusan digunakan untuk kumur-kumur.
Lakukan berulang-ulang.

11. Kapalan
Bahan: Getah kangkung.
Pemakaian: Bagian yang menebal diolesi getah kangkung.
Lakukan setiap hari.

12. Kulit gatal karena eksim
Bahan: Daun kangkung segar secukupnya.
Pemakaian: Daun kangkung dicuci, lalu direbus dengan air secukupnya sekitar
5 menit. Setelah hangat, pakai untuk mencuci bagian yang sakit.
Lakukan setiap hari.

13. Digigit lipan
Bahan: Daun kangkung.
Pemakaian: Daun kangkung dicuci bersih, tambahkan garam secukupnya.
Giling sampai halus, bubuhkan di tempat yang sakit, lalu dibalut.



Tanaman obat
Posted on 22nd April 2008 by admin in Tanaman Obat

Keanekaragaman hayati yang ada di bumi ini tak hanya digunakan sebagai bahan pangan ataupun untuk dinikmati keindahanannya saja, tetapi juga bermanfaat sebagai bahan untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman yang ada, terutama yang tumbuh di Indonesia dikenal sebagai bahan yang ampuh untuk obat dan digunakan sebagai bahan baku industri obat di Indonesia selain juga sebagai obat-obatan tradisional. Sebenarnya, tanaman yang berguna sebagai obat dapat juga ditemui sehari-hari.

Tanaman seperti kunyit, jahe, jeruk pecel dapat ditanam di pekarangan rumah dan berguna sebagai pengusir berbagai penyakit ringan sehari-hari seperti batuk, masuk angin dan panas dalam. Tak hanya itu, beberapa tanaman yang ada Indonesia terbukti ampuh mengatasi berbagai penyakit yang lebih berat. Beberapa bahkan dipercaya dapat mengatasi penyakit mematikan seperti AIDS, kanker dan sebagainya. Tanaman obat juga dapat dijadikan alternatif berobat yang lebih aman dan alami. Selain itu, tanaman obat juga baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit dan tubuh.

Tanaman obat dapat dikonsumsi dengan cara diolah terlebih dahulu. Beberapa tanaman obat dapat digunakan sehari-hari dan diolah dengan cara sederhana seperti direbus dan dicampur dengan air atau bahan-bahan lainnya, sedangkan tanaman yang lain diolah secara modern oleh pabrik atau industri rumah tangga dengan cara dikeringkan dan dikemas dalam kemasan yang praktis untuk dikonsumsi.

Walaupun telah banyak tanaman obat yang diproduksi secara moderen, masyarakat yang mengkonsumsi harus tetap cermat dalam memilih produk tanaman obat. Cek kadaluarsa dan produk apakah masih dalam keadaan baik atau telah rusak. Perhatikan pula kode produksi apakah telah terdaftar di Badan POM. Alangkah lebih baik jika memilih produk yang kemasannya lebih baik dan tersegel dengan baik. Memang biasanya agak lebih mahal akan tetapi lebih baik karena aman untuk kesehatan anda.

Berikut adalah tanaman obat yang banyak dikenal oleh masyarakat dan yang sering diolah menjadi produk yang baik untuk kesehatan tubuh atau mengobati penyakit :

* Kina : Kina adalah satu-satunya bahan yang ampuh untuk mengobati malaria. Pohon kina merupakan pohon perdu yang berkayu dan warnanya selalu hijau dengan kulit kayu yang tebal. Kina berkembang biak dengan cara berbunga dengan bakal buah di dalam bunga. Obat kina diproduksi dari kulit pohonnya.
* Jahe : Jahe adalah tanaman berakar rimpang dan bahan berkasiat pada tanaman ini terletak pada akarnya. Jahe popular sebagai minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Meminum sari jahe dipercaya juga dapat mengembalikan kesegaran tubuh. Cara membuat minuman jahe cukup mudah, hanya digepengkan dan kemudian diseduh dengan air hangat kemudian dapat ditambahkan gula atau bahan lainnya seperti kopi dan the.
* Lidah buaya : selain berfungsi sebagai tanaman hias, lidah buaya juga memiliki berbagai manfaat yang berguna baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Sejak berabad lamanya lidah buaya atau lebih dikenal dengan aloevera ini digunakan sebagai bahan untuk merawat kecantikan para putri raja. Sebagai obat, aloevera bermanfaat untuk memperlambat tumbuhnya virus HIV, memperbaiki sistim pencernaan, membunuh kuman dan menghilangkan rasa sakit. Sebagai bahan kecantikan aloevera bermanfaat untuk melindungi kulit dari kekeringan dan dehidrasi, merangsang tumbuhnya sel sel kulit yang baru, serta dapat menyuburkan rambut. Tak hanya itu lidah buaya ini juga dapat dikonsumsi dan dapat digunakan sebagai bahan campuran minuman yang menyegarkan.
* Temulawak : merupakan tanaman obat yang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat jawa. Temulawak merupakan tumbuhan asli Indonesia dan memiliki khasiat yang lengkap. Temulawak atau juga disebut Curcuma biasanya diberikan kepada anak anak untuk menambah nafsu makan mereka. Temulawak juga dapat menghilangkan flek-flek hitam pada wajah dan kandungan minyak atsirinya dapat membersihkan isi perut serta memperlancar ASI pada wanita yang menyusui. Penelitian lebih lanjut mengemukakan bahwa temulawak sangat ampuh untuk mengobati penyakit hati atau penyakit liver dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena dalam temulawak terdapat kandungan kurkumin yang dapat menyehatkan hati. Sama seperti jahe dan kencur, cara mengkonsumsi temulawak adalah dengan diparut dan diambil sari airnya.
* Kayu putih : kayu putih sangat dikenal di Indonesia yang berfungsi untuk menghangatkan badan. Kayu putih juga termasuk tanaman industri dan pemrosesannya adalah dengan menyuling minyak yang dihasilkan dari daunnya.
* Kencur : merupakan bumbu masak yang popular di kalangan masyarakat Indonesia. Kencur dipakai hamper di seluruh masakan Indonesia. Sebagai tanaman obat, kencur sangat bermanfaat untuk mengobati batuk, menghilangkan nafas tidak sedap, menghilangkan kembung dan mual masuk angin serta manfaat-manfaat lainnya. Selain diseduh sarinya setelah diperas, kunir juga dapat dimakan mentah-mentah
* Kunir : kunir merupakan satu kelompok tanaman yang sama dengan jahe dan kencur, yaitu tanaman berakar rimpang. Kunir mudah dikenali karena warnanya yang kuning. Selain menjadi bumbu masak utama untuk berbagai makanan Indonesia, kunir juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, panas dalam, serta baik untuk wanita hamil dan menyusui. Cara sederhana untuk mengkonsumsi kunir adalah dengan memarut kunir dan memeras sari parutannya lalu merebusnya dengan air panas.
* Mahkota Dewa : merupakan tanaman yang sangat terkenal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman mahkota dewa ini sebenarnya berasal dari Papua dan memiliki berbagai zat aktif yang seperti alkaloid, saponin, flavonoid dan polivenol. Beberapa manfaat tanaman ini untuk kesehatan adalah sebagai zat ampuh untuk detoksifikasi menghilangkan racun racun dalam tubuh, sumber anti bakteri dan virus, dapat meningkatkan sistim kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpalan darah, melancarkan peredaran darah ke seluruh tbuh, mengurangi kandungan kolesterol dan resiko penyakit jantung koroner, mengandung antiinlamasi, sebagai anti oksidan dan dapat membantu mengurangi sakit pada saat pendarahan. Tumbuhan ini tidak besar namun dapat tumbuh hingga sepanjang 3 meter. Buahnya berwarna merah dan tumbuh dari batang hingga ke ranting.
* Mengkudu : mengkudu adalah tanaman tradisional yang banyak tumbuh dimana mana dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Tanaman ini termasuk dalam jenis kopi-kopian dengan tumbuhan yang tidak terlalu tinggi. Buahnya hijau dengan bentuk yang lonjong dan bertotol totol dnegan biji yang banyak dan kecil dalam daging buahnya. Mengkudu banyak berkembang biak secara liar namun banyak juga yang memelihara tanaman ini di halaman rumah. Mengkudu juga dikenal dengan nama pace yang bermanfaat sebagai salah satu obat untuk mengurangi hipertensi, sakit kuning, demam, flu, batuk, dan sakit perut. Tanaman ini juga bermanfaat untuk kecantikan yaitu menghilangkan sisik pada kaki. Pada dasarnya buah mengkudu yang masak berbau tidak sedap, namun justru buah itulah yang mengandung banyak zat penting seperti morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol yang sangat bermanfaat untuk kesehatan
* Buah merah : Buah merah merupakan tanaman obat yang popular setelah mahkota dewa. Sama dengan tanaman mahkota dewa, buah merah juga berasal dari Papua. Buah merah sangat terkenal karena dipercaya dapat mengurangi virus HIV dalam darah. Tanaman ini tumbuh menyerupai pandan dengan tinggi tanaman hingga 16 m yang dikokohkan dengan akar tunjang. Seperti namanya buah merah berwarna merah marun saat matang namun ada juga buah yang berwarna coklat atau coklat kekuningan. Buah ini dapat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit mata, cacingan, kulit dan meningkatkan stamina tubuh. Selain itu buah merah dipercaya dapat mengobati penyakit kanker. Buah merah banyak mengandung antioksidan seperti karoten, beta haroten dan tokoferol serta asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, omega 3 dan omega 9 yang selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat menangkal pembentukan radikal bebas dalam tubuh
Tanaman Anti Nyamuk dan PenggunaannyaBy florakita
Saturday, October 16, 2010 23:03:26 Clicks: 4046



Tak heran, sejak kasus pertama ditemukan di Surabaya tahun 1969 hingga sekarang, penyakit DB sepertinya tak pernah bisa ditekan. Demikian juga jumlah korbannya.
Seiring dengan merebaknya kasus DB, biasanya orang memilih cara praktis, yakni menggunakan obat antinyamuk cair maupun bakar.

Meski cukup efektif, obat antinyamuk jenis ini berisiko karena kandungan bahan kimianya.
Karena itu, tak ada salahnya kita memilih cara yang lebih ramah lingkungan, yakni memanfaatkan tanaman pengusir nyamuk. Tanaman hidup pengusir nyamuk adalah jenis tanaman yang dalam kondisi hidup mampu menghalau nyamuk.

Kemampuan jenis tanaman ini sebagai pengusir nyamuk bisa dianggap istimewa. Penyebabnya adalah bau menyengat tanaman ini, yang diduga tidak disukai serangga.

Penggunaan tanaman ini cukup mudah, yaitu cukup diletakkan di dalam ruangan atau ditanam di pekarangan rumah. Ada juga yang menggunakannya sebagai bahan baku obat gosok dan cairan antinyamuk.

Beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk di antaranya serai wangi, akar wangi, zodia, geranium, dan lavender.

Serai Wangi
Meski lebih populer dipakai untuk bumbu masak dan bahan campuran jamu, batang dan daun serai wangi bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Tanaman ini mengandung zat geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal. Zat sitronelal ini memiliki sifat racun kontak (aroma). Sebagai racun kontak, ia dapat menyebabkan kematian pada nyamuk karena kehilangan cairan secara terus-menerus.

Akar wangi
Berdasarkan hasil penelitian, pemanfaatan ekstrak akar wangi dalam bentuk minyak terbukti efektif mengendalikan nyamuk Aedes aegypti dan Anopheles aconitus. Uji toksitas menunjukkan, ekstrak akar wangi dengan konsentrasi 0,20 dan 0,25 persen mampu membunuh larva nyamuk Aedes aegypti kurang lebih dalam waktu dua jam.

Zodia
Masyarakat Papua terbiasa menggosok kulitnya dengan dedaunan tertentu sebelum masuk ke hutan. Maksudnya agar mereka terlindungi dari serangan serangga, khususnya nyamuk. Daun-daun tersebut berasal dari tanaman yang disebut zodia (Evodia suaveolens). Beberapa tahun belakangan ini, zodia populer sebagai tanaman hias sekaligus penolak nyamuk.

Kenapa nyamuk takut zodia? Tanaman zodia termasuk famili Rutaceae, yang mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine. Menurut Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), minyak yang disuling dari daun zodia mengandung linalool 46 persen dan apinene 13,26 persen. Linalool inilah yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Bagian daun zodia mampu menghalau nyamuk selama 6 jam, dengan daya proteksi sebesar lebih dari 70 persen.

Zodia secara alami akan mengeluarkan aroma bila daunnya saling bergesekan. Letakkan tanaman di sekitar jendela atau pintu di mana angin bisa masuk dalam ruangan. Bisa juga diletakkan di sudut ruangan, kemudian tiup dengan kipas angin. Aromanya yang cukup wangi pun akan keluar. Meski demikian, kita harus waspada, bila tanaman zodia diletakkan di ruangan sempit dengan sirkulasi udara sedikit, bisa-bisa orang yang ada di dalamnya pun pusing atau mabuk.

Geranium
Penelitian tentang daya tolak ekstrak Geranium radula terhadap nyamuk Aedes aegypti penyebab DB dilakukan di laboratorium Uji Insektisida Balai Penelitian Vektor Reservoar Penyakit Salatiga, Jawa Tengah. Untuk melihat berapa konsentrasi yang efektif dari ekstrak Geranium radula, diamati jumlah nyamuk yang hinggap di bagian atas kepalan tangan yang tidak dan telah diolesi oleh ekstrak tumbuhan itu.

Eksrak Geranium radula yang digunakan tersebut tidak menimbulkan iritasi pada kulit setelah diujicobakan kepada lima orang. Selama pengujian berlangsung diukur pula faktor abiotik seperti suhu tubuh, suhu udara, dan kelembaban udara. Data yang didapat diolah menggunakan uji Two Ways Anava dilanjutkan uji Tukey’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi yang efektif menolak nyamuk Aedes aegypti adalah 80 persen.

Lavender
Dari penampilannya, lavender memang amat menarik. Bunganya berwarna ungu kecil-kecil, dan mengeluarkan aroma wangi. Bunga ini sering digosok-gosokkan ke tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk. Tak heran, beberapa produk obat antinyamuk oles memanfaatkan lavender sebagai salah satu bahannya.

Kandungan minyat atsiri dalam lavender juga sering digunakan untuk terapi aroma
Dalam bukunya ' Tanaman Obat Penyembuh Ajaib', Herminia de Guzman Ladion mencoba menawarkan cara-cara alami untuk mengatasi jerawat.Satu cara yang dapat menanggulangi munculnya jerawat adalah dengan hidroterapi -- terapi air. Penderita jerawat dianjurkan untuk mencuci muka dengan air hangat dan gunakan sabun lembut 3 kali dalam sehari. Uapi wajah selama 15 menit setelah dicuci, sekali setiap hari. Jangan menyentuh wajah dengan jari dan jangan memencet jerawat dengan jari. Minum banyak sari buah dan air putih. Tidur cukup, minimal 7 jam sehari dan kurangi atau kalau bisa hindari makanan bertepung, mengandung gula, coklat, dan kacang serta konsumsi banyak buah dan sayur.Beberapa tanaman dan buah juga dapat digunakan sebagai obat penyembuh jerawat, diantaranya pepaya, jeruk kasturi, lidah buaya, dan daun romero.Pepaya masak (Carica Papaya) dan Sari Jeruk Kasturi (Citrus)Campurkan 3 sendok pepaya masak yang sudah dihancurkan dengan 1 sendok makan sari buah jeruk kasturi.Tempelkan campuran tersebut pada wajah yang berjerawat setiap kali setelah mencuci wajah. Biarkan hingga 30 menit dan cuci kembali dengan air hangat. Jika anda tidak mengalami kesulitan, anda dapat membiarkan campuran itu sebagai masker sepanjang malam.Lidah Buaya (Aloe Barbadensis Mill)Kupas kulit daun lidah buaya berukuran sedang. Gosokkan sarinya pada wajah setiap kali selesai mencuci wajah dengan air hangat. Dengan perlakuan yang sama dengan masker dari pepaya dan jeruk kasturi, anda dapat membiarkannya sepanjang malam jika anda tahan.Daun Romero (Ros Marinus Officianalis)Hancukan 5 helai daun dan peras sarinya. Bubuhkan sarinya pada wajah setelah mencuci wajah dengan air hangat. Biarkan sepanjang malam.Jika anda teratur merawat wajah dengan bahan-bahan alami seperti di atas, niscaya anda akan mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat dan segar sepanjang hari.
Kegunaan Vitamin untuk Kulit
Segala vitamin dari sayuran dan beragam pil kecantikan sudah dikonsumsi, tetapi masih terasa ada yang kurang? Menurut Mary Lupo, MD, profesor dermatologis dari Tulane University School of Medicine, tubuh hanya memberikan sekian persen vitamin ke kulit, tak peduli berapa banyak makanan yang kita konsumsi. Maka dari itu, obat-obatan topikal yang dioleskan dari luar itu penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik. Tetapi sebelum mengoleskan obat-obatan tersebut, ketahuilah vitamin-vitamin apa yang diperlukan bagi kulit Anda.
Vitamin A: Untuk melawan penuaan
Terbukti melalui berbagai penelitian, vitamin A bisa melawan penuaan. “Ada lebih dari 700 studi yang dipublikasikan yang sudah mencoba dan membuktikan bahwa vitamin A (yang juga dikenal sebagai retinoid), bisa menahan tanda-tanda penuaan. Cara penggunaan terefektif adalah di malam hari. Retinoid yang didapat melalui resep bisa bekerja antara 4-8 minggu. Namun, efek samping yang bisa timbul adalah iritasi, kemerahan, pengelupasan, dan kulit mengering. Produk-produk yang dijual bebas di pasaran yang mengandung retinoid lebih aman digunakan karena kandungannya tak banyak, dan retinolnya perlahan berubah menjadi retinoic acid. Untuk menghindari iritasi, aplikasikan obat yang mengandung retinoid 2-3 kali seminggu dengan jangka waktu harian dalam jumlah sedikit ke seluruh wajah.

Vitamin B3: Mendorong kelembaban dan mengurangi kemerahan
Terdapat di lotion, krim, dan serum, dikenal juga dengan nama niacinamide. Terbukti menambah produksi ceramides dan fatty acids, dua komponen yang memberi perlindungan pada kulit. Ketika pelindung kulit menguat, kulit lebih baik menjaga kelembaban dan menjauhi iritasi, sehingga cocok untuk kulit kering atau sensitif. Untuk hasil maksimum, aplikasikan B3 di malam dan pagi hari. Untuk mengurangi iritasi akibat retinoid, gunakan bersamaan dengan B3. Selain mengurangi efek samping, keduanya jika disatukan bisa memberikan efek baik untuk melawan penuaan.
Vitamin C: Si Penghambat tanda-tanda penuaan
Melalui riset ditemukan bahwa vitamin C berguna melawan radikal bebas yang menyebabkan kerutan, kulit bergelambir, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Vitamin C juga membantu menghaluskan dan mengenyalkan kulit, sekaligus menghilangkan flek-flek hitam. Meski terdengar mirip fungsinya dengan retinoid yang terdapat di vitamin A, jika keduanya digunakan bersamaan bisa memberikan kesempurnaan warna kulit. Penuaan kulit datang dalam bentuk yang berbeda-beda, jadi dibutuhkan berbagai bentuk perlindungan untuk memperbaiki kerusakan pada kulit. Gunakan vitamin C di pagi hari sebelum tabir surya.
Vitamin E: Melawan kekeringan pada kulit
Banyak terdapat di tabir surya dan produk-produk setelah terkena sinar matahari. Produk yang terbaik adalah yang mengandung sekurangnya 1% vitamin E. Riset membuktikan bahwa vitamin E memberikan perlawanan terhadap kekeringan dengan membantu memberikan pelembab natural pada kulit. Vitamin E juga mampu menetralisir radikal bebas. Bahkan ada penelitian yang membuktikan bahwa vitamin E bisa mengurangi molekul jahat yang terjadi akibat paparan asap rokok. Riset lain mencatat bahwa jika digunakan sebelum terkena matahari, vitamin E bisa mencegah kulit kemerahan, bengkak, dan kering. Aplikasikan sebelum dan sesudah terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari langsung bisa merusak setengah dari suplai vitamin E alami kulit. Jadi, pastikan untuk mengenakan tabir surya yang mengandung banyak vitamin E dan vitamin C sebelum terkena sinar matahari.

Vitamin K: Untuk mata lebih bersinar
Banyak ditemukan di krim mata yang juga mengandung retinol. Vitamin K dipercaya bisa membantu mengatasi lingkar mata hitam. Pembuluh kapiler yang rentan dan bocor di sekitar daerah mata sering diakui sebagai penyebab hitamnya daerah di sekitar mata. Vitamin K, yang dikenal juga sebagai phytonadione, bisa membantu mengontrol aliran darah. Penggunaan vitamin K teratur bisa membuat bagian lingkar mata yang menghitam terlihat lebih cerah. Gunakan 2-3 hari seminggu setiap sebelum tidur untuk mencegah iritasi, jika tidak ada, perbanyak waktu penggunaan, misalnya 4 hari seminggu.

Obat Tradisional Flu
Flu merupakan penyakit pada saluran pernapasan yang ditandai dengan gejala demam secara mendadak, otot-otot sakit , badan terasa dingin, sakit kepala ,batuk, pilek, dan badan terasa lemah.
Flu disebabkan oleh virus Influenza. Influenza sangat mudah menular dan biasanya berjangkit saat udara dingin/lembap, yaitu saat musim hujan.
Saat kondisi badan dalam keadaan baik, serangan influenza tidak akan menimbulkan akibat yang terlalu berat. Namun ketika kondisi tubuh lemah, virus influenza mudah menyerang dan mengakibatkan keadaan parah yang jika tidak segera teratasi dapat menyerang otak dan menimbulkan gejala seperti rasa nyeri di kepala, insomnia, menurunnya kesadaran, kejang, depresi mental, radang saraf, dan lain-lain.
Pengobatan (Pilih salah satu resep di bawah ini):
Ramuan Obat Tradisional 1 :
15 gram jahe dan 2 batang daun bawang putih direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 2 :
10 gram bawang putih, 10 gram bawang merah, dan 10 gram jahe diiris-iris lalu diseduh dengan air mendidih kemudian tempatnya ditutup selama 15 menit. Setelah itu, jahenya dibuang, sedangkan bawang putih dan bawang merahnya bisa dimakan dan airnya diminum.
Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 3 :
30-60 gram sawi tanah dan 10-15 gram bawang putih direbus dengan air secukupnya kemudian airnya diminum selagi hangat.
Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 4 :
60 gram tanaman sawi tanah dan 15 gram bawang putih direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusannya diminum selagi hangat.
Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 5 :
Peras 1 buah jeruk purut matang yang berair, lalu seduh airnya dengan 60 ml air panas.
Pemakaian : Minum sekaligus selagi hangat.
Ramuan Obat Tradisional 6 :
Cuci bersih 15 gram daun gandola segar, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan tambahkan sedikit garam sambil diaduk hingga larut.
Pemakaian : Minum sekaligus.
Ramuan Obat Tradisional 7 :
Parut ¼ butir buah kelapa dan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari, lalu campurkan. Setelah itu, tambahkan 1 gelas air matang, lalu peras.
Pemakaian : Minum 1 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 8 :
Siapkan 2,5 cm rimpang jahe (dikupas dan diparut), ½ sendok teh cabai bubuk kering, 2 sendok makan air jeruk lemon, 1-2 siung bawang putih (digerus halus), dan madu sesuai selera. Rebus jahe dengan 2 gelas air, kecilkan api, dan biarkan selama 5 menit. Tambahkan cabai bubuk dan rebus kembali selama 1 menit. Angkat ramuan, lalu tambahkan air jeruk lemon, bawang putih, dan madu. Diamkan sebentar, lalu saring.
Pemakaian : Minum hangat-hangat.
Ramuan Obat Tradisional 9 :
Rebus 100 gram jahe segar yang diiris-iris beserta dengan 1 batang kayu manis yang dipecah-pecah, 1 sendok teh ketumbar , 3 buah cengkih, dan 1 iris jeruk lemon dengan 500 ml air. Setelah mendidih biarkan selama 15 menit. Angkat, saring. Untuk menambah rasa, dapat ditambahkan madu.
Pemakaian : Minum hangat, 1 cangkir setiap 2 jam.
Catatan:
kami menyediakan informasi pengobatan alternatif selain obat sintetis. Kami menyarankan untuk mengkonsultasikan penyakit Anda kepada dokter dan mengkonsultasikan pengobatan yang Anda terima kepada Apoteker.
Obat Tradisional Jerawat (Acne)
Jerawat terjadi karena peradangan yang disertai sumbatan pada kelenjar minyak kulit sehigga minyak di kulit tidak dapat keluar, menggumpal di dalam saluran, membengkak, dan terkadang disertai timbulnya nanah. Jerawat umum terjadi pada kulit, terutama kulit muka. Meski jerawat biasa muncul pada remaja, golongan usia yang lain juga dapat terkena jerawat.
Jerawat pada remaja disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan pengeluaran kelenjar minyak yang berlebihan yang kemudian mengeras dan menyumbat saluran.
Pengobatan (Pilih Salah satu ramuan di bawah ini):
Ramuan Obat Tradisional 1 :
Daun lidah buaya secukupnya dikupas kulit luarnya lalu dijus. Setelah itu, ditambahkan sirih dan sambiloto kering secukupnya lalu direbus dengan air secukupnya. Air rebusan tersebut secukupnya dicampur dengan bedak beras dingin secukupnya. Setelah itu, digunakan sebagi masker.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. Setelah 10-12 hari, pengobatan dihentikan. Setelah itu, pengobatan dapat dilanjutkan kembali.
Ramuan Obat Tradisional 2 :
15 gram bubuk sambiloto, bedak beras dingin, dan air secukupnya diaduk hingga merata, kemudian dioleskan pada wajah secukupnya. Setelah 30 menit atau setelah kering, basuh wajah dengan air bersih.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. Setelah 10-12 hari, pengobatan dihentikan. Setelah itu, pengobatan dapat dilanjutkan kembali.
Ramuan Obat Tradisional 3 :
Parut 20 gram kunyit lalu diperas, kemudian airnya diminum.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. Setelah 10-12 hari, pengobatan dihentikan. Setelah itu, pengobatan dapat dilanjutkan kembali.
Ramuan Obat Tradisional 4 :
Parut 15 gram temu lawak tambahkan air dan garam secukupnya kemudian diperas dan disaring. Air perasannya diminum sebanyak 1 cangkir.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. Setelah 10-12 hari, pengobatan dihentikan. Setelah itu, pengobatan dapat dilanjutkan kembali.
Ramuan Obat Tradisional 5 :
3 buah belimbing wuluh diparut, lalu ditambahkan garam secukupnya. Setelah itu aduk rata.
Pemakaian : Gunakan sebagai bedak di bagian wajah yang berjerawat.
Ramuan Obat Tradisional 6 :
Buah belimbing wuluh secukupnya di cuci bersih, lalu tumbuk halus dan remas-remas dengan air garam secukupnya.
Pemakaian : Gosokkan di bagian muka yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 7 :
6 buah belimbing wuluh dan ½ sendok the bubuk belerang digiling sampai halus, lalu remas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis.
Pemakaian : Pakai untuk menggosok dan melumas bagian muka yang berjerawat. Lakukan 2-3 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 8 :
10 gram temulawak dan 7 lembar daun mimba dicuci bersih, lalu rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas.
Pemakaian : Minum 3 kali sehari, masing-masing satu gelas.
Catatan:
kami menyediakan informasi pengobatan alternatif selain obat sintetis. Kami menyarankan untuk mengkonsultasikan penyakit Anda kepada dokter dan mengkonsultasikan pengobatan yang Anda terima kepada Apoteker.
Sumber : tanaman-obat.com
Artikel Yang Berhubungan:
1. Obat Tradisional Jerawat (Acne)
2. Ramuan Penuh Khasiat Untuk Mengobati Jerawat
3. Obat Tradisional Bisul
DAUN SIRIH MEMILIKI KHASIAT SERBA GUNA
DAUN SIRIH MEMILIKI KHASIAT SERBA GUNA
MULAI DARI HILANGKAN BAU MULUT HINGGA OBAT BATUK
Anda tentunya sudah mengenal sirih bukan ? Daun sirih sering dikunyah oleh nenek-nenek kita buat nginang (bhs. Jawa ) . Konon untuk menguatkan gigi.Tanaman yang bisa tumbuh suburdi pekarangan dan mudah dijumpai pada penjual bunga ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit, di antaranya untuk menghilangkan bau mulut .keputihan dan sebagainya. Sayang sekali belum dibudidayakan secara optimal di pekarangan dan dimanfaatkan untuk obat. Untuk itu , ada baiknya anda mengetahui multi khasiat Daun sirih.
Sirih yang nama latinnya Piper betle L mempunya kandungan kimia minyak atsiri(kadinen,kavikol,sineol,eugenol,karvakol),zat samak. Bagian yang digunakan daun,getah dan minyaknya. Manfaatnya untuk obat bisul,hidung berdarah, radang selaput lendir mata, trachoma,mulut berbau,keputihan, gigi goyah,gusi bengkak, radang tenggorokan, encok,jantung berdebar-debar,kepala pusing, terlalu banyak keluar air susu,batuk kering,demam nifas, sariawan.(Ir.Arif Aliadi et.al ,1996 ) Pemanfaatan sirih bisa tunggal atau dikombinasikan dengan tanaman obat lainnya. Berikut ini beberapa ramuan dari sirih.
Hilangkan bau mulut dan cegah kerusakan gigi :
• Satu lembar daun sirih setelah dicuci bersih dikunyah-kunyah ,ditahan bebearapa menit dalam mulut ,lalu diludahkan. Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari.
• Cara lainnya : rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih.Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.
Pembengkakan gusi/mulut :
• Ambil daun sirih 5-6 l embar Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring,tambahkan garam. Selanjutnya untuk kumur-kumur 3 kali sehari.
Perdarahan geraham
• Sehabis cabut gigi (geraham biasanya ) selalu mengalami perdarahan yang banyak.. Untuk menghentikan perdarahan, gunakan ramuan ini.
• Ambil daun sirih 10 lembar . Setelah dicuci rebus dengan air sebanyak 5 gelas sampai mendidih. Angkatsaring. Selanjutnya kumur dengan ramuan tersebut setiap 1jam satu kali.
• Ramuan tersebut juga dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kerusakan gigi yang sudah banyak berlubang.
Menghilangkan bau badan
• Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas.ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil,airnya diminum
Untuk menghilangkan bau pada ketiak :
• Ambil selembar daun sirih beri kapur sedikit,lantas diremas-remas,lumatannya dioleskan pada ketiak,agar baunya hilang.
Obat batuk :
• Daun sirih 5 lembar
• Cengkeh,kapulaga,kemukus, masing-masing 11 biji
• Kayumanis 1 jari tangan
Cara membuat:
Semua bahan setelah dicuci direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga airnya tinggal 1 ½ gelas Angkat dan saring
Aturan minum :
Anak umur 1 s.d. 3 tahun 3 kali sehari 1 sendok makan.
Anak umur 4 s.d. 5 tahun 3 kali sehari 3 sendok makan
Anak umur 6 s.d. 11 tahun 3 kali sehari 5 sendok makan
Dewasa 3 kali sehari
Keputihan :
• Untuk mencegah atau mengatasi keputihan,mengurang gatal-gatal pada vagina gunakan rebusan daun sirih buat cebok. Sedangkan ramuan untuk diminum biasanya dikombinasi dengan kumis kucing, kunyit,tapak liman atau sambiloto, Bahkan sekarang sudah ada yang membuat dalam bentuk instan diberi gula berupa ramuan kunir dan sirih.



Obat Tradisional Demam Berdarah
Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan virus dengan perantaraan nyamuk aedes aegypti.
Gejala demam berdarah adalah demam yang terjadi secara tiba-tiba, sakit perut, batuk, kerongkongan sakit, dan sesak napas. Pada kulit penderita timbul bintik-bintik merah yang kadang diikuti pula dengan berak darah, pendarahan dari hidung, dan perndarahan pada bagian putih mata.

Alternatif Pengobatan :
Ramuan Pertama :
Buatlah jus yang terdiri dari jambu klutuk/jambu biji secukupnya, 10 gram kunyit, dan 10 gram temu lawak.
Pemakaian : Minum 2 kali sehari
Ramuan Kedua :
30 gram daun dewa segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc.
Pemakaian : Minum selagi hangat sebanyak 2 kali sehari
Ramuan Ketiga :
Rebus 30 gram daun patikan kebo dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc.
Pemakaian : Minum selagi hangat 2 kali sehari
Ramuan Keempat :
Jika demam tinggi: 60 gram daun sambiloto direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc.
Pemakaian : Minum airnya selagi hangat, konsumsi 2 kali sehari
Ramuan Kelima :
Lubangi ujung 1 butir buah kelapa. Peras 1 butir jeruk nipis, lalu masukkan airnya ke dalam kelapa.
Pemakaian : Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.
Ramuan Keenam :
10 gram meniran dan 10 gram pegagan dicuci bersih, lalu rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas air.
Pemakaian : Minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.
Catatan:
kami menyediakan informasi pengobatan alternatif selain obat sintetis. Kami menyarankan untuk mengkonsultasikan penyakit Anda kepada dokter dan mengkonsultasikan pengobatan yang Anda terima kepada Apoteker.
Obat Tradisional Kanker dari Tanaman Obat Benalu
Benalu merupakan tanaman obat yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional kanker yang mudah kita ramu sendiri. Berikut penjelasan singkat tentang tanaman dan pemakainnya sebagai obat tradisional. Dan saya harap Anda paham dengan uraian berikut.
Tumor dan Kanker
Bahan: 1-2 batang benalu yang menempel pada 1 pohon teh, 1
batang rumput alang-alang, adas palawaras secukupnya.
Cara Membuat: semua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai
mendidih, kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari ½ gelas.
Amandel
Bahan: 1 batang benalu yang menempel pada 1 pohon jeruk nipis,
adas palawaras secukupnya.
Cara Membuat: kedua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai
mendidih, kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari ½ gelas.
Campak
Bahan: 1-2 batang benalu adas pulasari secukupnya.
Cara Membua: kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai
halus.
Cara menggunakan: digunakan sebagai bedak bagi yang kena
campak.
Sekian semoga bermanfaat dan penyakit kanker kerabat anda sembuh, dapatkanlah khasiat obat tradisional dari tanaman obat benalu ini dengan mudah bila anda berinisiatif untuk menanam sendiri benalu di rumah anda, bisa anda tanam di depan rumah atau di kebun belakang.
Khasiat Juice Jeruk Sunkist
Jeruk Sunkist banyak khasiatnya, tapi jeruk ini memang berbeda dengan jeruk lainnya, kulitnya tebal dan sulit untuk memakannya.

Khasiat jeruk sunkist
• meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat limfa, menurunkan kolesterol serta mengobati infeksi dan demam.
Melihat manfaat yang besar dari jeruk ini, maka disarankan untuk mengkonsumsi jeruk sunkist ini. Jeruk ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satu cara yang mudah untuk mengkonsumsi jeruk ini adalah dengan membuat jus jeruk sunkist. Berikut adalah cara pembuatannya :
Bahan :
• 4 Jeruk Sunkist sedang
• Es Batu
• Gula secukupnya
Caranya :
1. Kupas kulit jeruk dan masukkan daging buah kedalam blender
2. masukkan es batu dan gula
3. Blender dan tuangkan ke gelas
Silahkan anda meminumnya dan rasakan kesegarannya, dan tubuh anda pasti akan menjadi sehat !
Sumber : vibizlife.com
Tanaman Obat Untuk Kanker Prostat
Beberapa tanaman obat asli Indonesia, mampu memperbaiki bahkan menyembuhkan gangguan prostat. Contohnya, paduan sambiloto dan akar alang-alang. Ramuan tradisional Cina juga diyakini mampu mengatasi radang dan pembesaran kelenjar prostat. Buku Prescription Beneficial to Life, yang diterbitkan pada tahun 1253 oleh Yan Yung-hou, memuat beberapa resep klasik untuk mengatasi gangguan prostat.
Berikut ramuan untuk mengatasi radang dan pembesaran prostat.
Ramuan Pertama :
• Bahan: 10-15 gr sambiloto, 60 gr akar alang-alang
• Pemakaian: Rebus semua bahan dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring, minum dua kali sehari, masing- masing 150 cc.
Ramuan Kedua :
• Bahan: 60 gr krokot segar, 30 gr pegagan, 15 gr daun dewa
• Pemakaian: Rebus semua bahan dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring, minum dua kali sehari, masing-masing 200 cc.
Ramuan Ketiga :
• Bahan: 15 gr benalu teh, 5 lembar daun sambung nyawa, 5 gr temulawak
• Pemakaian: Rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu saring dan endapkan. Minum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas sesudah makan.
Ramuan Keempat :
• Bahan: 10 gr sang piao xiao, 8 gr ren sen, 6 gr danggui, 6 gr yuan zhi, 6 gr fu shen, 12 gr gui ban, 6 gr shan yao, 3 buah da zao, 6 gr gan cao, 6 gr shan zhu yu
• Pemakaian: Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum dua kali sehari, masing-masing segelas. Bahan bisa direbus ulang sekali lagi.
Ramuan Kelima :
• Bahan: 20 gr rehmannia glutinosa, 10 gr ubi jalar cina, 10 gr dogwood tree, 6 gr alisma plantago, 6 gr tuckahoe, 6 gr tree peony, 3 gr kayu manis, 10 gr achyranthes bidentata, 10 gr plantain, 3 gr aconitum.
• Pemakaian: Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum dua kali sehari, masing-masing segelas. Bahan bisa direbus ulang sekali lagi.
Catatan:Panci untuk merebus tak boleh berbahan alumunium.
Pilih salahsatu ramuan dan lakukan secara teratur. Tetaplah berkonsultasi pada dokter atau herbalis berpengalaman.
Sumber : id.shvoong.com
Obat Tradisional Untuk Mengobati Sakit Saat Haid
“Kalau badan terasa kurang sehat, makanlah sup panas. Niscaya tubuh akan terasa bugar kembali.” Ditilik dari kandungan bumbu sup, saran itu ada benarmya. Sup, masakan asal Eropa tersebut, mengandung beragam rempah yang menyehatkan tubuh. Salah satunya adalah cengkeh alias Syzygium aromaticum atau disebut juga Eugenia aromatica L.
Cengkeh merupakan tumbuhan asli Maluku. Tanaman daerah tropis ini memiliki pohon bercabang yang bisa tumbuh sampai setinggi 10 meter dengan daun yang lebat. Yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur adalah bagian tunas bunga yang sudah dikeringkan.
Tanaman yang juga dsebut clove tree (Inggris) dan ting hsiang (Tiongkok) ini memiliki sifat hangat. Dengan rasa dan aromatik yang tajam cengkeh dapat menghangatkan badan dan melancarkan sirkulasi darah.
Manfaatnya, bukan hanya mengusir meriang, penyakit-penyakit gangguan peredaran darah, seperti sakit kepala, stroke bahkan jantung pun dapat teratasi.
Jurnal Protaglandins, Leukotrienes and Essential Fatty Acids yang diterbitkan Harcourt Publishers Ltd mengungkapkan cengkeh memiliki kemampuan antikoagulan (pencegah penggumpalan darah). Daya kerjanya sama hebat dengan aspirin. Informasi ini diperkuat dengan temuan seorang ilmuwan dari University of Wisconsin Amerika Utara yang mengungkapkan cengkeh mengandung suatu senyawa antibeku darah. Zat ini dapat melonggarkan pembuluh darah jantung yang tersumbat. Pendek kata, uraian jurnal dan riset ilmuwan Amerika ini mengisyaratkan pesan, rajin mengonsumsi makanan mengandung cengkeh dapat melindungi manusia ancaman stroke dan serangan jantung.
Cengkeh untuk Mengobati Sakit perut haid
Sediakan 5 butir cengkeh, 7 butir ketumbar, 10 gram kunyit, dan 5 gram biji pala. Setelah dicuci, rebus bahan dengan 400 cc air hangat tersisa 200 cc. Saring, lalu minum air rebusan selagi hangat.
Selain itu, memakan kunyit yang sudah dikupas, akan sangat membantu mengobati sakit perut sewaktu haid. Cara memakan boleh dicampur dengan nasi, pisang atau yang lain, atau seperti yang banyak dipraktekkan, bisa diparut dan dituang air, baru ditambah gula asam atau gula biasa. Kunyit instan tidak akan banyak membantu, jadi gunakan kunyit asli.
Mengobati Nyeri Lambung dengan Terapi Herbal
Kebiasaan makan dan gaya hidup yang kurang sehat akan memicu radang lambung atau lebih sering disebut sakit maag. Gangguan pencernaan ini terjadi karena adanya iritasi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga menjadi merah, bengkak, berdarah dan luka.
Saat ini sudah banyak obat untuk membantu penyembuhan nyeri lambung. Obat tersebut bisa menetralkan asam lambung dan mengurangi produksi asam lambung. Sehingga mengurangi rasa sakit akibat iritasi atau kekejangan otot pada dinding lambung.
Tapi selain obat farmasi, Anda bisa mengatasi gejala nyeri lanbung ringan dengan makanan dan minuman dari bahan herbal.
Bahan herbal apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gejala nyeri lambung?
Susu kedelai
• Kadar isoflavon dalam kedelai membantu memperbaiki lapisan lambung yang disebabkan iritasi. Isoflavon juga bisa melindungi sistem kerja lapisan lambung dan meningkatkan imunitasnya.
• Dengan rajin mengonsumsi sari kedelai, gangguan nyeri lambung akan berkurang.
Jahe
• Tak cuma untuk bumbu masakan, jahe juga bisa mengatasi berbagai keluhan penyakit. Salah satunya adalah gangguan lambung seperti perut kembung, mual dan nyeri lambung.
• Jahe bisa melindungi sistem pencernaan dan menurunkan tingkat keasaman lambung. Senyawa aseton dan methanol pada jahe bisa menghambat terjadinya iritasi pada saluran pencernaan, sehingga mencegah terjadinya gangguan lambung.
Kunyit
• Rempah yang satu ini juga bisa mengurangi dan mencegah gangguan lambung. Kunyit bisa menurunkan kadar asam lambung sehingga mencegah terjadinya nyeri.
• Kandungan kurkumin dan minyak atsiri dalam kunyit bisa menjadi antioksidan dan antiradang yang melindungi lambung.

Brokoli
• Beberapa tahun lalu, penelitian di Jepang mengungkapkan manfaat brokoli atasi nyeri lambung. Sayuran hijau ini mengandung bahan sulforaphane (SFN). Bahan itu bisa mengurangi populasi kuman H. pylori yang ada dalam lambung. Kuman tersebut bisa mengganggu kerja lambung dan bahkan memicu kanker lambung.
• “Mengonsumsi brokoli bisa mengurangi jumlah H. pylori dalam lambung, ” kata Akinori Yanaka, dari University of Tsukuba, Jepang.


Grapefruit
• Buah sejenis jeruk bali ini kaya vitamin C sebagai antioksidan. Selain itu, ekstrak biji grapefruit ternyata bisa mengatasi gangguan lambung. Terapi ekstrak biji grapefruit bisa menurunkan kadar asam lambung dan mengatasi iritasi.
• Ekstrak biji grapefruit itu juga mampu mempercepat aliran darah di area luka lambung, sehingga mempercepat penyembuhan.
Bawang Merah
• Untuk menurunkan demam, parut bawang merah secukupnya, balurkan di tubuh bayi/anak. Untuk borok, 3 siung bawang merah dan 2 jari rimpang kunyit dicuci, diparut, lalu dicampur dengan 2 sendok minyak kelapa baru. Hangatkan diatas api kecil sambil diaduk. Setelah dingin, oleskan pada bagian tubuh yang sakit sebanyak 2 kali sehari.
• Untuk masuk angin, 8 siung bawang merah, dicuci, tumbuk halus, campur dengan air kapur sirih secukupnya. Balurkan di punggung, leher, perut dan kaki.
• Atau bisa juga digunakan sebagai alat kerokan anak. Yang terakhir ini sering digunakan orang tua dulu dan jauh lebih mudah dan praktis.
J ahe
• Untuk menghilangkan masuk angin, perut kembung dan kolik pada anak. Caranya, 1/4 sendok teh bubuk jahe kering dilarutkan dalam ½ cangkir air panas. Tambahkan gula sedikit gula pasir atau gula palem untuk memberikan rasa.
• Berikan 1-2 kali per hari sesuai umurnya.

Kunyit (kunir)
• Untuk diare, 1/2 jari kunyit dan 3 lembar daun jambu biji muda segar dihaluskan, campur dengan 1/2 cangkir air, lalu diperas. Setelah disaring, diminumkan pada anak.
• Untuk kulit berjamur atau becak putih jamur/ruam popok karena pemakaian diapers, parut kunyit lalu oleskan.

Kemiri
• Berkhasiat menyuburkan rambut bayi. Caranya, minyak kemiri dioleskan pada kepala bayi/anak sambil dipijat perlahan setiap malam.
• Pagi hari rambut disampo dan dibilas dengan air hangat hingga bersih. Minyak kemiri ini lebih baik yang sudah jadi.

Air Kelapa Muda
• Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, yang banyak keluar ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekendak anak.
• Kelapa hijau yang masih muda juga bisa digunakan sebagai obat anti racun dan membantu penyembuhan penyakit campak.
Jeruk Nipis
• Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 2-3 sdm madu murni, air matang secukupnya, aduk rata.
• Minumkan 2 – 3 kali sehari 1 – 1 ½ sdt kepada anak (usia 3 tahun keatas, belum pernah saya coba untuk anak dibawah usia itu).

Kentang
• Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan parutan kentang segar dioleskan pada bisul 3-4 kali per hari. Balut supaya ampas kentang tidak bertebaran kemana-mana. Hentikan pengobatan kalau bisul sudah pecah.
• Selain itu, bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat kentang yang mendinginkan.

Minyak zaitun
• Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (cradle crap), sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit kepala dengan bantuan kapas.

Kencur atau cekur
• Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni.
• Berikan 2-3 kali sehari.
Sumber : Dari berbagai sumber
Khasiat Sayur Oyong
Yang Suka masak sayur oyong, ni info tentang khasiat sayur oyong, insyaAllah semua jenis sayuran ada khasiatnya yang bagus untuk kesehatan kita, soo.. jangan bosan masak sayur ya..
Sayur Oyong sering dimanfaatkan untuk mengatasi panas dalam. Sayur Oyong mengandung beberapa zat kimia, seperti saponin triterpen, luffein, citruline, dan cucurbitacin. Getahnya mengandung saponin, lendir, lemak, protein, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan kimia juga terdapat pada biji, bunga, serat sabut, daun, dan batang blustru.
Daunnya dapat dimanfaatkan sebagai obat disentri, melancarkan air seni, melancarkan haid pada wanita, obat muntah, dan penawar racun ular (di India). Di samping itu, daun mudanya dapat juga digunakan sebagai obat asma. Pada buku Obat Asli Indonesia tulisan Dr A Seno Sastroamidjojo, penggunaan blustru adalah dengan membembam (mematangkan dengan cara membenamkan dalam abu hangat – Red) daun muda, tawas, getah lemon swanggi, dan dibungkus daun pisang. Air bembaman bahan-bahan itu diminum.
Bijinya ternyata juga berkhasiat sebagai peluruh, terutama peluruh kencing, peluruh haid, dan pencahar. Sementara akar blustru rasanya manis berkhasiat melancarkan sirkulasi darah, dan menghilangkan bengkak. Khasiat yang bisa didapat dari batangnya antara lain melancarkan sirkulasi darah.
(data diambil dr bbrp website, maaf gak dicantumin, dah terlanjur ketutup, lupa catet… )
btw, resep di bawah sih bukan yang biasa Mama buatkan tp aku ambil dr website. Kalo Mama kayaknya gak pake tetelan, tp tetep enak, tambah bawang merah dan irisan cabai merah tanpa biji. Dimodifikasi ajah…gimana juga masaknya, oyong selalu enak dan menyegarkan. (http://www.resepkomplit.com/resep-sayur-oyong.html )
Obat Tradisional Eksim
Eksim merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal yang sangat, merah ,kulit menjadi kering, dan bengkak. Kadang-kadang terdapat cairan yang berasal dari bercak yang melepuh. Cairan yang keluar dan kemudian menjadi kering akan membentuk kerak atau keropeng.
Eksim dapat disebabkan oleh:
1. akibat rangsangan zat-zat kimia.
2. rangsangan iklim dan suhu.
3. Kelelahan.
4. kepekatan terhadap zat-zat yang terdapat dalam suatu jenis makanan.

Pengobatan (Pilih salah satu resep di bawah ini) :
Ramuan Obat Tradisional 1 :
• krokot segar secukupnya ditumbuk hingga halus. Tambahkan garam secukupnya, aduk-aduk, kemudian dioleskan pada eksim.
Pemakaian :
• lakukan secara teratur 1-2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 2 :
• Daun petai cina/lamtoro yang masih muda secukupnya digiling hingga halus. Tambahkan kapur sirih dan garam secukupnya, aduk-aduk hingga rata kemudian dioleskan pada eksim.
Pemakaian :
• lakukan secara teratur 1-2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 3 :
• Kunyit yang sudah tua secukupnya diparut. Tambahkan garam dan kapur sirih secukupnya. Aduk hingga rata kemudian dioleskan pada eksim.
Pemakaian :
• lakukan secara teratur 1-2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 4 :
• 200 cc jus wortel diminum di pagi hari sebelum makan.
Pemakaian :
• lakukan secara teratur 1-2 kali sehari
Ramuan Obat Tradisional 5 :
• Tumbuk 1 potong bayam duri sampai halus
Pemakaian :
• Oleskan pada eksim
Ramuan Obat Tradisional 6 :
• 5 gram biji bungur yang telah matang, disangrai lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan ½ sendok teh minyak kelapa, lalu aduk sampai rata.
Pemakaian :
• Oleskan di bagian kulit yang terkena eksim
Ramuan Obat Tradisional 7 :
• Tumbuk 3 lembar daun kecubung sampai halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, lalu panggang di atas api.
Pemakaian :
• Gosokkan dalam keadaan hangat ke bagian badan yang terkena eksim.
Ramuan Obat Tradisional 8 :
• Cuci akar atau daun bungur lalu rebus bersama air selama 15 menit.
Pemakaian :
• Selagi hangat gunakan untuk mencuci bagian tubuh yang terkena eksim.
Ramuan Obat Tradisional 9 :
• 10 – 20 lembar daun mimba dicuci bersih, lalu rebus dengan 2 liter air.
Pemakaian :
• Campurkan dengan air yang akan digunakan untuk mandi. Biarkan air tersebut kering dengan sendirinya pada bagian eksim. Lakukan sekali dalam sehari.
Catatan:
kami menyediakan informasi pengobatan alternatif selain obat sintetis. Kami menyarankan untuk mengkonsultasikan penyakit Anda kepada dokter dan mengkonsultasikan pengobatan yang Anda terima kepada Apoteker.
Obat Tradisional Mimisan
Mimisan merupakan pendarahan hidung yang keluar secara tiba-tiba. Mimisan dapat disebabkan karena pembuluh darah pada selaput lendir hidung pecah. Hal ini dapat terjadi karena hidung dikorek-korek, terjadi peradangan, atau karena selaput lendir hidung mengalami kekeringan. Mimisan dapat juga terjadi akibat tekanan darah tinggi, tumor hidung, ataupun suhu tubuh yang terlalu tinggi.demam, luka akibat hidung terbentur, atau kadang-kadang timbul tanpa sebab yang jelas. Perawatan dilakukan dengan duduk, kepala condong ke depan dan jangan menunduk, jepit hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk selama 5 menit (jangan dilepaskan), serta bernapaslah melalui mulut. Kompres hidung dengan kain yang telah dicelupkan ke dalam air es.
Pengobatan (Pilih salah satu ramuan obat tradisional di bawah ini):
Ramuan Obat Tradisional 1 :
Siapkan 60 gram akar alang-alang direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 2 :
Cuci bersih 25 gram kangkung segar secukupnya dijus. Tambahkan gula secukupnya, aduk-aduk, kemudian diminum.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 3 :
Cuci bersih 25 gram kulit ari kacang tanah, kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Air rebusannya disaring kemudian diminum selagi hangat.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 4 :
Sebanyak 50 gram rambut jagung direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Airnya disaring kemudian diminum selagi hangat.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 5 :
Sebanyak 60 gram pegagan segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Setelah itu, airnya diminum selagi hangat.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 6 :
Cuci bersih 1 lembar daun sirih yang agak muda, lalu lumatkan hingga keluar minyaknya.
Pemakaian : Gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan.
Ramuan Obat Tradisional 7 :
Cuci bersih 200 gram akar teratai, lalu haluskan dengan menggunakan blender.
Pemakaian : Teteskan airnya ke dalam hidung, sekitar 2-3 tetes, lalu minum sisanya.
Ramuan Obat Tradisional 8 :
Cuci bersih 60 gram alang-alang segar, potong-potong kecil. Rebus dengan 600 mL air hingga tersisa 200 mL. Setelah dingin, saring.
Pemakaian : Minum sekaligus.
Catatan:
kami menyediakan informasi pengobatan alternatif selain obat sintetis. Kami menyarankan untuk mengkonsultasikan penyakit Anda kepada dokter dan mengkonsultasikan pengobatan yang Anda terima kepada Apoteker.

Manfaat Asam Jawa Bagi Tubuh
Tanaman yang biasanya kita gunakan untuk bumbu masakan ini ternyata punya beberapa kandungan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh. Asam jawa (leguminosae) berasal dari Afrika. Umumnya asam jawa tumbuh dengan subur di daerah yang beriklim tropis. Asam jawa mengandung rasa yang asam karena mengandung asam tatrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, dan asam asetat. Hampir semua bagian dari asam jawa memiliki manfaat. Masyarakat sering mengonsumsi asam jawa ini untuk campuran masakan, seperti bacem, bumbu oseng, dimasukkan ke dalam sayur asem, atau untuk menggoreng ikan.
Asam jawa bermanfaat untuk melancarkan buang air besar, memperbaiki peredaran darah, mengurangi nyeri haid, menghilangkan keputihan, melangsingkan tubuh, mencegah rambut rontok, dan sebagainya. Buah asam juga dapat digunakan untuk membersihkan barang yang terbuat dari logam dan kuningan. Sedangkan daun asam dapat melancarkan buang air besar dan menghilangkan rasa sakit. Kandungan flavonoid yang terkandung pada daun asam jawa bersifat sebagai anti radang, membantu mengeluarkan keringat, dan menghilangkan sakit.
Penelitian mengatakan bahwa estrak biji asam jawa memiliki anti bakteri yang kuat, terutama untuk melawan bakteri E. Coli. Dari penelitian yang dilakukan di Surabaya diketahui bahwa ramuan jamu gendong yang mengandung asam jawa mengalami lebih sedikit kontaminasi dengan bakteri. Minuman asam jawa juga terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Asam jawa memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Jadi jangan remehkan asam yang rasanya memang asam ya?
Obat Tradisional Masuk Angin
Masuk angin dapat disebabkan oleh kehujanan, kurang tidur, terkena angin malam, dan perut kosong atau pencernaan terganggu. Biasanya masuk angin merupakan gejala dari adanya penyakit lain seperti influenza, gangguan pencernaan atau malaria.
Masuk angin merupakan gangguan umum yang dapat terjadi pada setiap orang. Gejala masuk angin adalah perut kembung, kepala pusing, berkeringat dingin, dan lain-lain. Biasanya masuk angin juga di iringi rasa mual dan terasa pahit jika lidah mengecap makanan.
Pengobatan (Pilih salah satu ramuan obat tradisional di bawah ini):
Ramuan Obat Tradisional 1 :
• 200 gram ubi merah (dikupas dan di potong-potong), 15 gram jahe merah/jahe biasa, 1 butir biji pala (dimemarkan), 5 butir cengkeh, 10 butir kapulaga, 1 ibu jari kayu manis, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan air secukupnya.
• Tunggu hingga airnya hangat lalu diminum dan ubinya dimakan.
Pemakaian :
• secara teratur 2 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 2 :
• 25 gram kencur, 15 gram jahe, dan 3 butir kapulaga direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc.
• Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum.
Pemakaian :
• secara teratur 2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional 3 :
• 2 pilah daun pepaya dicuci bersih lalu direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc.
• Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum.
Pemakaian :
• secara teratur 2 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 4 :
• 80 gram daun lidah buaya, 15 gram jahe, 20 gram kencur, dan 25 gram temu lawak direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc.
• Minum selagi hangat.
Pemakaian :
• secara teratur 2 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 5 :
• Rebus dalam 600 ml air bahan yang terdiri dari : 30 gram lengkuas yang telah diiris-iris, 20 gram jahe yang telah diiris-iris, 2 batang serai, 10 butir cengkih, 6 butir kapulaga, dan gula aren secukupnya.
• Rebus hingga tersisa 300 ml, lalu saring.
Pemakaian :
• Minum hangat-hangat, 2 kali sehari.
Ramuan Obat Tradisional 6 :
• Rebus bahan-bahan yang terdiri dari : 25 gram lempuyang yang telah diiris-iris, 25 gram bangle, 5 gram pala yang telah ditumbuk halus, dan 1 sendok teh lada yang telah ditumbuk halus.
• Bahan direbus dalam 600 cc air hingga tersisa 300 cc.
Pemakaian :
• Minum hangat-hangat, 2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional 7 :
• Siapkan bahan yang terdiri dari : 5 buah cabai jawa, 10 gram daun mint, 10 gram kulit jeruk purut, 25 gram temulawak.
• Bahan-bahan direbus dengan 600 ml air, hingga tersisa 300 ml air lalu disaring
Pemakaian :
• minum hangat-hangat, 2 kali sehari.
Catatan:
kami menyediakan informasi pengobatan alternatif selain obat sintetis. Kami menyarankan untuk mengkonsultasikan penyakit Anda kepada dokter dan mengkonsultasikan pengobatan yang Anda terima kepada Apoteker.

1 komentar:

ace maxs mengatakan...

Silahkan kunjungi web kami, semoga sukses :
http://obatkelenjartiroid.utamakansehat.com/
http://obatamandel.utamakansehat.com/
http://obatgondok.utamakansehat.com/
http://obatkolesterol.utamakansehat.com/
http://obatbenjolandipayudara1.utamakansehat.com/